Selamat Membaca...

Monday 8 April 2013

"FUEL" Charger smartphone terkecil di dunia

The FUEL charger

Sekilas gantungan kunci dalam gambar disamping hanyalah gantungan kunci biasa. Tapi, jangan salah, ini adalah sebuah emergency charger untuk smartphone. Tidak percaya?? Baca dulu infonya gan!!

Devotec Industry meluncurkan produk baru di Kickstarter yakni perangkat pengisian daya (charger) darurat berukuran kecil untuk baterai hand-phone (mungkin yang terkecil di dunia).
Alat ini dirancang untuk mudah dibawa dan dikaitkan pada gantungan kunci, dan semua yang diperlukan untuk me-recharge smartphone anda tertanam di dalam ruang yang lebih kecil dari kunci itu sendiri. Perangkat ini diberi nama FUEL (sama dengan bentuknya yg menyerupai jirigen untuk bahan bakar/fuel).

Jadi, seberapa kecilkan ukuran FUEL? Menurut pembuatnya, ukuran tingginya 1,3-inci, lebar 0.9-inci dan tebalnya 0,5-inci saja! (33 x 22 x 12 mm). bagian luar perangkat ini dibuat dari bahan die cast aluminium dengan berat sekitar setengah ons (sekitar 14 g). Sebagian besar bagian dalamnya diisi oleh baterai 220 mAh lithium-ion. Dengan ukuran sekecil itu, diperkirakan akan menjadi pesaing bagi piranti power bank conventional yg ada saat ini.


Tentu saja, dalam sebuah perangkat sekecil ini Anda tidak akan mendapati baterai dengan kapasitas tinggi. Namun, perangkat ini diklaim dapat memberi sekitar 20-30 menit tenaga tambahan untuk menelpon, dan hingga beberapa jam waktu siaga/stanby, tergantung pada jenis smartphone-nya.

“The Fuel charger”dilengkapi dengan micro-USB port, yang membuat perangkat ini kompatibel untuk kebanyakan smartphone jaman sekarang. Sayangnya, bagi para pengguna iPhone tidak dapat manggunakan perangkat ini (tentu saja karena port/ “colokan” untuk chargernya berbeda). Namun, tidak usah khawatir. Produsen perangkat ini telah merencanakan untuk membuat versi charger port yang cocok untuk iPhone anda.

Penemunya mengklaim bahwa piranti ini dapat menyimpan daya selama 1 sampai 3 bulan tanpa perlu diisi ulang. Piranti ini memiliki tombol untuk menjaga agar tenaga yang tersimpan tidak terbuang tanpa sengaja. Dilengkapi pula dengan lampu indikator LED untuk mengatahui status pengisian daya (charging, fully charged, dll).

“Fuel” telah melampaui jumlah dana yg ditargetkan yakni US$20,000 di  Kickstarter – saat ini jumlah dana yang dikumpulkan mencapai lebih dari US$60,000 dengan hampir  3,000 backers/donor. Ketentuan minimum untuk mendapatkan 1 buah Fuel charger adalah US $20, Dan dalam waktu sekitar kurang dari 2 minggu lagi penggalangan dana ini akan berakhir. Devotec Industries berencana dapat mengirim Fuel charger kepada para penyumbang dana pada bulan July tahun ini.







Cek videonya di sini

1 comment: